Scroll untuk baca artikel
religi

Amalan Tarekat Syadziliyah, Zikir Sholawat Nuridzati

Redaksi
×

Amalan Tarekat Syadziliyah, Zikir Sholawat Nuridzati

Sebarkan artikel ini
Amalan Tarekat Syadziliyah
Ilustrasi foto/Pexels.com

Amalan yang dipraktikkan tarekat syadziliyah yakni tiap hari diupayakan melakukan zikir setelah menjalankan salat magrib salat subuh, seperti membaca Zikir Sholawat Nuridzati.

BARISAN.CO – Tarekat Syadziliyah disematkan kepada tokohnya yakni Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili. Ia dilahirkan di desa Ghomaroh Maroko Afrika Utara pada tahun 593 H/1197 M. Nama lengkapnya Syekh Abul Hasan bin Abdullah bin Abdul Jabbar bin Thormos Asy-Syadzili Al-Maghribi Al-Huraisi Al-Idrisi.

Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili memiliki garis keturunan Rasulullah Saw, dzurriyat Nabi Muhammad keturunan ke dua puluh dua.

Ajaran tarekat syadziliyah dipengaruhi ajaran Al-Ghazali dan Al-Makki. Sebagaimana perkataan Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili kepada muridnya:

Seandainya kalian mengajukan suatu permohonanan kepada Allah, maka sampaikanlah lewat Abu Hamid al-Ghazali.” Syekh Abul Hasan Asy-Syadzili

Ajaran Al-Ghazali pada tarekat syadziliyah berkenaan dengan ilmu, terutama sebagai pegangan yakni kitab Ihya Ulumuddin. Sedangkan pada jalur ajaran Al-Makki yakni kitab Qut Al-Qulub.

Selain dua kitab  di atas yakni kitab as-Muhasibi, Khatam al-Auliya, karya Hakim at-Tarmidzi, Al-Mawaqif wa al-Mukhatabah karya An-Niffari, Asy-Syifa karya Qadhi ‘Iyad, Ar-Risalah karya al-Qusyairi, Al-Muharrar al-Wajiz karya Ibn Atah’illah.

Sedangkan ajaran memiliki lima sendi yakni, Pertama, ketakwaan kepada Allah Swt lahir dan batin. Diwujudkan dengan jalan bersikap wara yakni menghindari hal-hal yang mengandung syubhat atau tidak jelas status halal dan haramnya. Selain bersikap wara yakni tetap istikamah yakni menjalankan perintah dan menjahui larangan Allah Swt.

Kedua, memegang teguh ajaran Rasulullah Saw yakni menjaga ucapan, tindakan dan perbuatan. Ajaran tersebut direalisasikan dengan senantiasa bersikap waspada dan bertingkah laku yang baik.

Ketiga, berpaling hatinya dari makhluk, baik dalam penerimaan maupun penolakan. Bersikap sabar, berlaku sadar dan tawakal kepada Allah Swt.

Keempat, rida kepada Allah Swt yakni menerima dengna baik atas segala kecukupan dan kekurangan. Diwujudkan dengan menerima apa adanya melalui sifat qanaah.

Kelima, kembali kepada Allah Swt, baik dalam keadaan senang maupun susah. Perwujudannya yakni senantiasa bersyukur dan sabar.

Amalan dan Zikir Tarekat Syadziliyah

Perkembangan tarekat syadziliyah di Indonesia meliputi wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sedangkan pengikut terbesar saat itu pada masa guru atau mursyid Shahibul Fadhilah Kyai Haji Raden Muhaiminan Gunardo di Parakan.

Selanjutnya perkembangan di Jawa Tengah, berkembang baik di Watu Congol Muntilan, Magelang dibawah bimbingan Mursyid KH. Ahmad Abdul Haq putera K.H. Dalhar (beliau dikenal dengan sebutan Mbah Mad).

Amalan yang biasa dipraktikkan tarekat syadziliyah yakni tiap hari diupayakan melakukan zikir atau wirid setelah menjalankan salat magrib dan selesai menjalankan salat subuh. Sedangkan wirid yang diamalkan tentu bersumber dari guru atau mursyid.

Sedangkan amalan dan zikir tarekat syadziliyah mengutip dari buku berjudul Pengantar Ilmu Tarekat (Uraian tentang Mistik) karya Aboe Bakar Atjeh yakni:

1. Membaca surat al-fatihah 1x

Yakni meniatkan diri untuk memohon diberikan kejernihan hati. Supaya diberikan kemudahan dalam menghadapi berbagai penyakit hati seperti iri, dengki, ujub, takabur, dan lainnya.

2. Membaca dua kalimat syahadat 7x

3. Membaca takbir “Allahu Akbar” 100x

4. Surah Al-Fatihah

5. Dilanjutkan istighfat 100x

6. Membaca kalimat thayyibah

7. Lalu membaca sholawat syadziliyah 100x.

Bacaan sholawat syadziliyah yakni sholawat yang dikenal dengan nama Sholawat Nuridzati. Adapun bacaannya sebagai berikut:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النُّورِ الذَّاتِي وَالسِّرِّ السَّارِي فِي سَائِرِ الأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ

Allaahumma shalli wasallim ‘ala sayyidinaa Muhammadinin nuuridz dzaatii wassirris saarii fii saairil asmaai wash shifaati wa’alaa aalihi washah bihii wasallim