Scroll untuk baca artikel
Blog

Membela Fir’aun

Redaksi
×

Membela Fir’aun

Sebarkan artikel ini

SAYA kok belum bisa move on dari perbincangan tentang Fir’aun. Jujur saja, saya salah satu manusia yang tertarik dengan hasil kebudayaan Mesir kuno yang notabene dipimpin seorang Fir’aun.

Fir’aun eksis di muka bumi yaitu dari 3150-30 SM. Mereka yang berjuluk atau bergelar Fir’aun itu tak melulu pribumi Mesir. Ada juga yang dari Yunani dan Persia. Merekalah yang menang perang untuk kemudian berkuasa di Mesir dan mendapat gelar Firaun.

Saya nggak bisa membayangkan bagaimana perasaan warga Mesir, terutama yang memiliki DNA generasi ke sekian ratus ribu dari salah satu Fir’aun itu, ketika tahu kalau di Indonesia itu Fir’aun adalah simbol kejahatan.

Padahal nggak semua jahat kan?

Begini. Fir’aun memang mendunia karena ada peran antagonis yang harus dimainkan ketika zaman Nabi Musa berdakwah. Peran yang diembannya itu juga diabadikan dalam kitab-kitab agama samawi.

Jangan-jangan Fir’aun ini dengan sadar memilih peran yang diperintahkan Tuhan agar manusia lebih tercerahkan dan bisa belajar hidup darinya.

Yang terjadi saat ini, manusia Indonesia yang melek peradaban etis mengasosiasikan lawan-lawan politik sebagai Firaun.

Dalam berbagai penelitian arkeolog dan sejarawan dunia, Fir’aun yang kejam dan ada di kitab suci kemungkinan besar adalah Ramses I dan Ramses II.

Pada masa Ramses I yang merupakan pendiri dinasti ke-19, ada pengumuman untuk membunuh semua anak laki-laki yang lahir dari keluarga Yahudi.

Ingat ya, keluarga Yahudi. Sebuah bangsa yang saat ini juga sering diasosiasikan dengan negeri jahat dan gerakan jahat zionis.

Konon Ramses I khawatir kalau kebiasaan orang Yahudi yang rajin memproduksi anak dalam jumlah banyak dapat mengganggu keberlanjutan kerajaannya. Sampai disini masih masalah nasionalisme dan stabilitas negeri Mesir ya.

Pada saat itu pula Musa lahir. Agar aman, ia dihanyutkan di sungai Nil. Lha ndilalah ia malah dipungut jadi anak oleh permaisuri Ramses I dan jadi saudara angkat Ramses II.

Ramses I mati. Ramses II diangkat menjadi Fir’aun menggantikan ayahnya. Nah ini soal penguasa yang mewariskan kekuasaannya kepada anak keturunannya ya. Sama sih seperti ketua umum partai mewariskan kepemimpinannya pada anaknya.

Sama juga dengan bupati yang menjadikan anak atau istrinya jadi bupati berikutnya. Atau malah lebih parah, seorang lurah mewariskan kekuasaannya kepada anaknya dengan meniti karier sebagai kepala dusun atau ketua RT dulu.

Kembali ke soal Fir’aun, ketika Ramses II jadi Fir’aun, Musa dijadikan musuh negara. Kira-kira seperti negeri kita yang menjadikan komunis dan bekas pengurusnya sebagai musuh negara juga.

Memang alasannya sangat abstrak dan berada di langit karena ini soal Tuhan. Soal keilahian yang sesungguhnya sangat personal.

Maka Ramses II hanya disebut Fir’aun dan akhirnya menjadi tokoh antagonis karena menolak menyembah Gusti Allah Musa.

Saya curiga jangan-jangan memang Ramses II alias Fir’aun ini memang sedang menjalankan perintah Gusti Allah agar manusia belajar mengelola perbedaan sesembahan secara lebih beradab.

Mari kita lihat kepemimpinan Fir’aun lainnya. Pada 1888, teori bahwa piramida dibangun oleh pekerja Mesir yang merdeka dikonfirmasi. Hal ini dibuktikan oleh penelitian arkeolog Inggris bernama Flinders Petrie di kompleks piramida Kerajaan Senwosert II di Ilahun. Petrie menemukan permukiman yang dikelilingi oleh tembok di Kahu.

Di sana, dia menemukan kota yang direncanakan dengan baik. Kira-kira sama dengan Ibu Kota Nusantara yang juga direncanakan dengan baik, kecuali dalam hal menghabisi berbagai tumbuhan dalam hutan.