Scroll untuk baca artikel
Kolom

Manusia dan Naluri Berperang (Bagian 2)

Redaksi
×

Manusia dan Naluri Berperang (Bagian 2)

Sebarkan artikel ini

Manusia dan Naluri Perang (Bagian 1)

5. Dominasi kemunculan Pemuda

Sebuah teori populer saat ini, ide ini menunjukkan bahwa kekerasan dan perang adalah hasil dari populasi besar laki-laki dengan kurangnya kesempatan kerja yang seimbang. Para pemuda yang jumlahnya berlebihan, dan tidak memiliki pekerjaan akan tertarik untuk berperang dan dibunuh, itu juga bagian dari upaya mengurangi populasi.

6. Groupthink

Teori ‘Groupthink’ menjelaskan bahwa selama krisis, kelompok – yang tidak peduli akan seberapa pintar atau bagaimana mendapat informasi yang baik – akan menekan perbedaan pendapat karena tekanan untuk menyetujui rencana tindakan, yang membuat mereka mengambil keputusan yang buruk.

Ini dalam arti tertentu versi yang lebih berorientasi kebijakan dari teori pejuang pria disilangkan dengan elang persuasif. Idenya adalah bahwa, ketika terancam, orang secara alami membentuk pemikiran “kita” vs. “mereka,” dan kemudian membuat keputusan berisiko untuk mempertahankan rasa identitas kelompok superior mereka. Para ilmuwan politik baru-baru ini menerapkan teori itu pada perang Irak.

7. Bargaining Model

Mungkin, katakanlah beberapa ilmuwan sosial, perang bukanlah dorongan yang kuat atau reaksi emosional yang datang dari evolusi kita. Mungkin itu hanya bentuk manuver politik yang dikembangkan bersama dengan peradaban.

Dilihat dari sudut ini, perang hanyalah sebuah versi tawar-menawar yang ekstrim, di mana dua kelompok mencoba menyelesaikan perselisihan atas segala hal mulai dari alokasi sumber daya hingga keadilan sosial.

Secara kritis, model tawar-menawar tidak memandang perang sebagai pemecahan diplomasi, tetapi lebih sebagai kelanjutan tawar-menawar, karena negosiasi terjadi selama perang, dan perang berakhir ketika kesepakatan tercapai.

8. Manajemen Teror

Teori ini menunjukkan bahwa manusia membentuk kelompok budaya seperti suku dan bangsa karena mereka perlu percaya pada sesuatu yang akan hidup setelah mereka mati. Kita semua takut akan kematian kita sendiri, tetapi budaya kita memberi kita kepercayaan dan ritual yang menyangga kita dari rasa takut itu.

Masalah muncul ketika keyakinan ini terancam. Ancaman terhadap kelompok menyebabkan orang-orang melintasi ambang di mana mereka bersedia membuat keputusan kekerasan yang tidak akan pernah mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Teori manajemen teror menyatakan bahwa melintasi ambang ini membuat orang bersedia mati untuk melestarikan budaya mereka – karena, bagaimanapun, hanya budaya mereka yang dapat hidup setelah mereka.

9. ‘Drive’ untuk melakukan Agresi

Agresi adalah naluri bertarung yang membantu individu dan spesies bertahan hidup. Pada hewan, ada hambatan bawaan terhadap pembunuhan hewan lain dari spesies yang sama, seperti tampilan gerakan tunduk.

Tetapi berbeda untuk manusia: senjata dan agresi komunal (“antusiasme militan”) meningkatkan kemampuan kita untuk membela diri, tetapi juga untuk menimbulkan kekerasan pada kelompok lain.

Ekspresi agresi manusia yang tak terelakkan adalah perang. Ide ini menunjukkan bahwa perang khusus untuk kemanusiaan, sebagai hasil dari alat canggih dan organisasi sosial kita.

10. Peperangan adalah hal yang dipelajari (dan bisa juga tanpa perlu dipelajari)

Teori ini pertama kali diajukan oleh antropolog Margaret Mead pada awal abad ke-20, hipotesis ini menunjukkan bahwa perang bukanlah konsekuensi yang tak terhindarkan dari sifat kompetitif dan agresif kita.

Sebaliknya, itu adalah penemuan sosial yang dapat dipelajari. Ini benar-benar cocok dengan teori “drive agresif”, yang menunjukkan bahwa manusia mungkin agresif seperti hewan lain – tetapi organisasi sosial kitalah yang menyebabkan perang. Ini juga merupakan sanggahan yang tajam terhadap ide psikologi evolusioner dari hipotesa “prajurit pria”, dan pada gagasan neo-Malthus bahwa perang tidak dapat dihindarkan ketika populasi kita bertumbuh.